Jumat, 11 Juni 2010

Punya Banyak Teman di Sekolah Bikin Lebih Pintar




img
Ilustrasi (Foto: collegecandy)
Punya banyak teman di sekolah pastinya akan sangat menyenangkan. Selain bisa bersosialisasi dan lebih aktif, punya banyak teman di sekolah ternyata bisa membuat nilai akademik anak meningkat, dengan kata lain anak akan semakin pintar.

Hasil ini berdasarkan penelitian terbaru yang menyatakan bahwa teman sekolah dapat berperan penting dalam kesuksesan akademik anak dan remaja.

Penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dari Willamette University dan University of California ini melibatkan 629 siswa dari 12 kelas di Los Angeles.

Partisipan diminta mengisi kuesioner dan kemudian menyimpan catatan kegiatan, seperti menghabiskan waktu belajar dan waktu yang dihabiskan dengan teman-teman di luar sekolah dan teman-teman sekolah.

Hasil studi menemukan bahwa siswa dengan nilai akademik atau GPA (Grade Point Average) lebih tinggi ternyata memiliki lebih banyak teman di sekolah. Bisa dikatakan bahwa banyak teman di sekolah sama dengan nilai akademik yang lebih tinggi.

"Kami menemukan bahwa dalam kelompok persahabatan remaja, orang yang memiliki teman lebih banyak di sekolah akan memiliki nilai akademik yang lebih tinggi," ujar Melissa R. Witkow, asisten profesor psikologi di Willamette University, dalam sebuah konferensi di Universitas California, Los Angeles, seperti dilansir dari Health24, Jumat (11/6/2010).

Menurut Witkow, hal ini sebagian karena dengan punya teman siswa lebih cenderung berorientasi pada prestasi, sehingga berbagi dan saling mendukung dalam kegiatan sekolah, termasuk belajar bersama dengan teman sekolah.

Witkow yang merupakan mahasiswa lulusan UCLA ini, telah mempublikasikan hasil studinya secara online dalam Journal of Research on Adolescence. Namun, dengan temuan ini tidak berarti bahwa teman-teman dari luar sekolah tidak menguntungkan.

"Persahabatan di luar sekolah juga penting untuk memenuhi kebutuhan sosial remaja, dan teman dari luar sekolah tidak harus selalu merugikan prestasi," tambah Witkow.

Misalnya persahabatan dari luar sekolah yang bisa didapatkan dari kelas pengajaan (tempat les), mungkin juga sangat baik untuk meningkatkan prestasi anak di sekolah.

Penelitian ini memang pendapat baru karena selama ini anak yang pintar di sekolah kebanyakan adalah yang suka menyendiri karena lebih senang belajar. Diduga anak-anak yang banyak teman itu pintar secara alami atau berkembang, sedangkan anak yang pintar dan pendiam karena tekun dan semangat belajarnya tinggi. (detikHealth)

Tidak ada komentar: