Rabu, 15 Oktober 2008

AGENDA KERJA RW-013 GUGUS GANESHA

INI BUKAN PEKERJAAN YANG USAI

Salah satu masalah besar yang dihadapi oleh RW.013 Gugus Ganesha akhir-akhir ini ialah gejala menurunnya kesadaran hidup bertenggang rasa dalam kehidupan bermasyarakat, terkadang merasa heran dan selalu bertanya-tanya mengapa keberagaman agama dan budaya yang seharusnya merupakan sebuah potensi dalam masyarakat justru menjadi sumber timbulnya suatu perpecahan ?
Padahal , tidak ada agama yang mengajarkan secara eksklusif ajaran-ajaran agama hanya bagi pemeluknya. Kasih sayang terhadap sesama umat manusia dimuka bumi ini diajarkan oleh setiap agama, tidak hanya mengasihi saudaranya sesama umat seagama,tetapi juga bagi seluruh umat manusia. Demikian juga Islam, yang dipeluk oleh sebagian besar bangsa ini, mengajarkan bahwa Islam adalah “ Rahmat bagi segenap manusia”.
Atas dasar itu pula,sebagai Ketua RW.013 terpilih merasa tergugah untuk menghapuskan segala bentuk diskriminasi, karena perbedaan yang ada baik menyangkut suku, ras, agama serta golongan, justru harus kita jadikan SEBAGAI ANUGERAH DAN RAHMAT, sebagaimana semboyan nasional kita “ BHINNEKA TUNGGAL IKA”.
Biarkan urusan itu, menjadi urusan masing-masing individu. kita sendiri tidak bisa memilih jalan hidup kita, kita bertetangga dengan siapa ? Anak dan cucu kita berteman dengan siapa ? apapun itu, setiap individu sudah paham betul bagaimana harus berhubungan dengan sesama manusia dan bagaimana berhubungan dengan sang penciptanya.
Karena, pada dasarnya, kerukunan umat beragama tidak akan terwujud dengan baik apabila tiap individu juga dapat berpikir tidak terlalu sempit. Memang Fanatik terhadap agama yang kita anut itu adalah hal yang wajar karena dengan itulah kadar keimanan kita akan terbukti dan tidak mudah tergoyahkan, namun tetap ada batasnya, karena kita hidup dalam keragaman umat beragama dan pada satu kawasan perumahan universal( contohnya bukan perumahan yang berkonsep islami, seperti yang sekarang banyak bermunculan) sehingga, sudah sewajarnya kita dapat hidup saling bertenggang rasa, menghargai satu sama lain demi menciptakan kerukunan dalam satu persaudaraan, yang aman, damai, adil dan demokratis.
Seruan ringan , namun bermakna dalam dan penuh dengan TEKAD untuk melaksanakannya, TEKAD inilah yang akan dan pengurus RW 013 jaga untuk tetap ada dan tidak mudah padam oleh hambatan, tantangan dan cobaan yang ada. akan berusaha untuk menjaga dan bertanggung jawab menjaga amanah yang telah dibebankan .
“ AGENDA , RENCANA DAN PROGRAM KERJA “
Pengurus RW lainnya akan bekerja untuk memulai babak yang baru tanpa melupakan PR-PR dari RW sebelumnya, dengan memilah yang baik untuk yang lebih baik dan memperbaiki yang kurang baik untuk lebih baik lagi.
Disini, ditegaskan bahwa dukungan berupa saran dan kritik yang membangun dari warga beserta kepengurusan RW 013 dan para RT tetap dibutuhkan dan selalu perlukan karena tanpa itu semua tidak akan dapat berjalan sendiri.
Baiknya kita bersama-sama, bergandengan tangan, bersatu padu menciptakan hidup toleransi, bertenggang rasa demi kerukunan dikawasan RW.013 Gugus Ganesha.
“ DARI WARGA, UNTUK WARGA DAN OLEH WARGA “

LANGKAH AWAL UNTUK KAWASAN 013
RUKUN WARGA 013 – GUGUS GANESHA
DESA TEGAL KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR
PERUMAHAN TELAGA KAHURIPAN

VISI
Menjadikan kawasan Rukun Warga 013 Beranda Griya Ganesha dalam satu asa (harapan),satu persaudaraan yang aman, damai,adil, dan demokratis serta suasana kehidupan yang harmonis dengan menjujung tinggi nilai-nilai kemanusiaan,persatuan dan kesatuan berdasarkan Pancasila.

MISI
Mewujudkan kehidupan bertetangga yang adil dan demokratis
Mewujudkan kehidupan bertetangga yang aman dan damai
Menwujudkan kehidupan bertetangga yang sejuk (harmonis)

STRATEGI KEGIATAN PROGRAM KERJA

Penataan dan pembentukan seksi-seksi demi kelancaran agenda kerja jangka pendek dan jangka panjang(menengah), dibutuhkannya seksi seksi yang dapat mengkoordnir kegiatan-kegiatan dalam lingkup RW.013

Koordinator Bidang Organisasi , yang akan mengkoordinir : diantaranya Ikatan Remaja Ganesha 013 ; serta siap sedia membantu panitia yang akan menangani acara (Event) peringatan hari besar nasional.Selain itu, Seksi organisasai juga turut berperan aktif jika ada kegiatan di kelurahan/kecamatan.Untuk selebihnya sudah tercantum dalam tugas dan wewenang parapengurus RW.

Koordinator Bidang Kesejahteraan, yang akan membawahi bidang keamanan, kesejahteraan warga serta membantu untuk mengembangkan koperasi RW,dan Posyandu Melati 013
Dan penjelas secara jelasnya sudah tercantum dalam tugas dan wewenang pengurus RW.

Koordinator Bidang Kerohanian
Mengayomi seluruh umat beragama di lingkungan RW 013,berperan aktif dalam hari-hari besar keagamaan serta berkoordinasi dgn DKM Musholla Ar-Rahman dan Paguyuban Tanah Makam RW 013,Pengajian Ibu2 Ar-Rahman,dan seksi rohani non Islam.

AKTIVITAS UTAMA
Layanan Administrasi Warga
Keuangan
Pencatatan, pembukuan dan pengarsipan kas ( debit dan kredit)
Pengelolaan kas RW sesuai dengan kebutuhan warga 013,serta aktivitas yang ada dalam lingkup ke-RW-an (seperti keamanan, pembuatan balai pertemuan/kantor sekertariat RW , dll yang akan disesuaikan dengan kondisi dan keadaan berdasarkan musyawarah serta aspirasi, saran/masukan dari warga 013 )
Sosialisasai Warga tanpa henti
Dengan menciptakan azas kekeluargaan dan semangat bersaudara antar warga 013 diatas kepentingan pribadi atau kepentingan sebagian golongan saja.
Adil dan mengedepankan musyawarah warga agar kerukunan tetap selalu terjaga dalam kehidupan bermasyarakat di lingkungan 013.

PROGRAM & AGENDA KERJA RW.013 GUGUS GANESHA

Program dan agenda( Rencana Jangka pendek ), sbb :
Membenahi masalah administrasi dan kearsipan ( surat-menyurat) serta menata ulang kepengurusan RW.

Mendata ulang warga di RW.013 ( SENSUS WARGA 013)
Membuat papan pengumuman dan kotak saran warga 013
Membuat kantor sekertariat RW 013
Merencanakan untuk menghidupkan kembali Bulletin, yaitu Bulletin Warga 013.
Menhidupkan kembali keolahragaan di RW 013 ( exp : Klub Sepakbola,Volley, bulutangkis,Ganesha Shooting Club, Club Fotografi) dan Membuat Website RW-013
Mengadakan event-event yang berhubungan dengan peringatan/syukuran hari hari besar atau hari kemerdekaan NKRI serta Halal bi-halal=untuk mempererat rasa kerukunan warga 013.
Mulai memperhatikan dan membina serta menggalang potensi generasi muda di kawasan RW.013.

Penjabaran dari Misi yang ada :

Perwujudan menuju warga 013 yang aman, damai, adil dan demokratis serta kehidupan bertetangga yang sejuk (rukun), saling hormat menghormati dan bertenggang rasa /toleransi antar umat beragama merupakan suatu proses melalui sosialisasi yang tidak akan ada hentinya.
Perjalanan dari upaya ke arah itu harus dikerjakan sacara sistematis dan dengan tekad sungguh sungguh.

Berdasarkan permasalahan yang ada didepan mata serta untuk mewujudkan agenda (visi) ,maka kepengurusan RW 013 dapat dirumuskan sebagai berikut :

1. Mewujudkan kehidupan warga 013 yang aman dan damai.
Aman dan Damai adalah hak setiap orang untuk menikmatinya. Aman berarti mencerminkan keadaan tentram,sedangkan damai adalah tidak terjadi kesalahpahaman;keadaan bermasyarakat tidak saling berprasangka;bermusuhan;acuh-tak acuh.
2. Mewujudkan kehidupan bertetangga yang adil dan demokratis.
Keadilan memiliki makna yang dalam. Dari kata dasar “adil” yang tercantum dalam Sila ke-2 Pancasila : Keadilan Yang Adil dan beradab. Tanpa adanya keadilan berarti jiwa dan raga belum merdeka . Adil dapat dihubungkan dengan demokrasi = pengambilan keputusan berdasarkan MUsyawarah dan Mufakat.
3. Mewujudkan kehidupan bertetangga yang sejuk (harmonis)
Sejuk = lingkungan yang harmonis-tentram-saling toleransi.
Yaitu kehidupan yang rukun sehingga aman dan damai pun dapat tercipta.

Akhir kata.

Masa Depan Rw 013 , GUGUS GANESHA, harapan saya Insya Allah akan lebih baik, kami yakin jika semua dapat saling bantu-membantu, bahu-membahu serta dapat bersatu padu bekerjasama dengan hati tulus dan ikhlas dari segenap warga 013 serta kepengurusan dari tingkat RUKUN WARGA (rw) DAN RUKUN TETANGGA (rt) apa yang menjadi impian dan cita-cita serta harapan dapat terwujud.
Seperti pepatah BERCERAI KITA RUNTUH – BERSATU KITA PADU, BAGAI JANTUNG YANG BEKERJA UNTUK SEMUA ORGAN TUBUH TANPA TERLIHAT OLEH MATA KITA, BERUSAHALAH MENEMPATKAN DIRI KITA PADA TEMPAT YANG ADA DENGAN SEBAIK-BAIKNYA TANPA HARUS IKUT CAMPUR DENGAN URUSAN ORANG LAIN.
BERANI BERUBAH, KENAPA TIDAK ? KARENA ZAMAN TIDAK BISA DILAWAN, BUKAN IKUT ARUS,BUKAN GAGAH-GAGAHAN, BERUBAH DEMI SEBUAH KEPERCAYAAN ! ( BY,HARRY ROESLY,CHAIRIL ANWAR,SOE HOK GIE)

Agenda, rencana dan program kerja ini telah ada, tugas sudah menanti kita. Mungkin apa yang di tuangkan pada Agenda dan Program Kerja disini belum sempurna karena kesempurnaan hanyalah milik Tuhan Yang Maha Kuasa semata. Namun dengan TEKAD,KERJA KERAS dan TANGGUNG JAWAB serta selalu BERJIWA BESAR dan BERHATI IKHLAS menerima segala kritik pedas sekalipun, bersama pengurus RW 013 lainnya. Dari sini harapan kita bangun ,dengan jiwa dan semangat, agenda kerja ini dibuat dan persembahkan untuk menyerukan secara gamblang untuk menuju keadaan yang lebih terarah saat ini maupun dimasa datang.
Semoga agenda kerja ini dapat menjadi acuan kita bersama untuk menciptakan suasana kehidupan warga 013 yang sejuk, aman ,damai dan demokratis.

SUKMO WIBOWO

Tidak ada komentar: