Selasa, 26 Agustus 2008

RW-013 Gugus Ganesha

RW-013 Gugus Ganesha, adalah Rukun Warga dilingkungan perumahan Telaga Kahuripan, Kelurahan Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor - Jawa Barat

RW ini dibentuk mulai tahun 2004, walaupun warga yang tinggal masih sedikit, namun karena tuntutan administrasi pemerintahan, mereka berinisiatif membentuk sebuah rukun warga yang kemudian menjadi cikal bakal RW-013 Gugus Ganesha.

Para tokoh yang pernah maupun yang saat ini menjabat sebagai ketua RW yaitu: Irwan Sumeidi,Asep Natawirya, Beny M,dan Sukmo Wibowo. Seiring dengan perkembangan di Griya Maupun Beranda Ganesha, RW-013 menjadi besar bahkan saat ini telah mencapat 5 Rukun Tetangga (RT) kedepannya seiring perkembangan penduduk RT dilingkungan RW-013 akan dikembangkan seiring bertambahnya Penduduk.

Saat awal pembentukan RW-013, masih minim dengan fasilitas, wargapun berinisiatif membangun rumah ibadah yang diberi nama mushollah Ar-Rahman. Berdiri disamping Lapangan Olahraga RW-013. Lahan disiapkan oleh developer, namun biaya pembangunannya murni dari swadaya masyarakat.

Lapangan Olahraga juga dibangun, walaupun akhirnya tidak terurus dan terawat. Bahkan pada akhir tahun 2006 wilayah RT 05 dan RT 01 sudah mulai penuh dan wargapun berinisiatif menambah satu lapangan bulutangkis diwilayahnya.

Membangun pos penjagaan sekaligus sebagai pos keamanan RW-013, karena saat-saat awal berdirinya Gugus ini layanan keamanan mutlak diadakan.

Saat ini RW 013 memiliki 4 tenaga keamanan yang dikelola Developer. Layaknya sebuah perumahan, warga RW-013 sangat heterogen, segala jenis profesi yang disandangnya ada, mulai dari pedagang, pengacara, jaksa, dosen, TNI,Polisi,Arsitek bahkan Wartawan. Heterogenitas juga terlihat dari sisi kepercayaan, hidup berdampingan dengan berbagai agama, walaupun mayoritas muslim, namun para pemeluk agama minoritas juga menjadi nyaman tinggal di RW-013.

Kian tahun komunitaspun terbentuk, olahraga menjadi pilihan untuk membentuk komunitas seperti badminton, senam, sampai kegiatan hiburan memancing,dan lain-lain.

Kini RW-013 sudah terlihat rapi, namun warga masih terus berbenah agar bisa tercipta lingkungan yang aman, nyaman, dan bersih.

1 komentar:

thecutez mengatakan...

Sebagai pribadi dan warga RW-013 khususnya warga RT-004,acara 17-an kali ini cukup meriah dan pemilihan malam puncak yang terpisah dari aneka lomba anak-anak adalah sangat tepat karena membuka kesempatan untuk semua warga untuk dapat saling bertemu, berkumpul dan bersilaturahmi meningkatkan keakraban...

Untuk para panitia thanks berat atas semua perhatian dan kerjasamanya....
Walau dirasa mimpi...namun ternyata dana rp.800ribua-an ternyata bermakna dahsyat karena membuat beberapa warga bersedia menjadi donatur untuk kesempurnaan acara...jangan kapok ya bapak/ibu untuk kebersamaan dan perhatiannya bagi anak-anak kita bersama....

Meski banyak kritik dan saran...janganlah pantang menyerah..jadikan semua kritik dan saran tersebut sebagai motivasi positif untuk berbuat lebih baik lagi bagi komunitas RW-013...

Sekali lagi selamat & sukses..maju terus TETAP SEMANGAT!