Rabu, 10 Desember 2008

TNI SIAPKAN PASUKAN UNTUK PENGAMANAN NATAL DAN TAHUN BARU

TNI siapkan pasukan untuk membantu aparat Kepolisian guna mengamankan jalannya perayaan Natal 2008 dan menyambut Tahun Baru pada 31 Desember 2009 mendatang di seluruh Indonesia. Aparat TNI nantinya akan berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan aparat instansi terkait lainnya.
“Dalam kondisi tertib sipil sepeti ini tanggung jawab keamanan berada dibawah kepolisian, dan TNI membantu.”kata Panglima TNI, Jenderal TNI Djoko Santoso usai menyambut dan menerima Satgas Yon Mekanis Konga XXIII-B dari Lebanon,di Mabes TNI Cilangkap Jakarta timur, Rabu (10/12).
Menurut Djoko saat ini telah dikoordinasikan di tiap-tiap polda dan telah direncanakan berapa personel TNI tiap-tiap Kodam, Korem, dan Kodim diseluruh Indonesia untuk menyiapkan diri membantu kepolisian dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru mendatang.
Disinggung mengenai sinyalemen ancaman terror menjelang natal dan tahun baru mendatang, Panglima TNI, mengatakan pihaknya masih melakukan pendeteksian dan indikasi dugaan terror. Namun hingga saat ini belum ada penguatan sinyalemen tersebut Tapi TNI tetap melakukan kewaspadaan bahwa ancaman terror bisa timbul setiap saat.
Terkait dengan kerusuhan antar warga di Masohi Maluku Tengah beberapa waktu lalu, Djoko Santoso mengatakan situasi dan kondisi diwilayah tersebut sudah terkendali dan sekarang dilakukan tindakan lanjutan untuk mengamankan kestabilan wilayah termasuk kunjungan Pangdam, Kapolda dan Gubernur ke Masohi.
“Saya tadi pagi menelpon, bahwa pangdam, kapolda dan gubernur sedang persiapan untuk berangkat di bandara Patimura untuk ke Masohi. Laporan terakhir dikatakan situasi sudah terkendali dan sekarang dilakukan tindakan lanjutan untuk mengamankan kestabilan wilayah.”ujar Djoko

Tidak ada komentar: